Rabu, 11 Februari 2009

Sekelumit Pengalaman di Kampus Biru

Masih lekat dalam ingatanku suasana kampus di setiap hari pertama pengisian KRS, bisa kurasakan kecemasan menghantui perasaan setiap orang, gegap gempita teriakan kudengar dimana-mana ketika KRS sudah mulai di buka, kekecewaan karena ternyata petugas belum memvalidasi pembayaran bisa kulihat dari sebagian teman-teman yang keluar masuk akademik dengan raut muka yang cemas dan jengkel, puluhan bahkan ratusan malah orang duduk di seluruh kampus sembari kadang-kadang menyalahkan kecepatan hotspot kampus karena koneksi menjadi lambat pagi itu, mereka yang beruntung datang pagi bisa menikmati komputer dengan sambungan LAN langsung ke server sehingga akses begitu cepat . Yah,,, itulah sekelumit cerita kenangan masa lalu tentang suasana KRS di FE UGM yang sangat aku rindukan.

Beberapa jam yang sangat menentukan nasib setiap mahasiswa selama satu semester yang dampaknya seumur hidup. Karena salah memilih dosen maka kemungkinannya bisa fatal. Tapi gak selalu semua dosen itu mengikuti garis tren, yah...,,, kadang-kadang dosen yang biasanya baik tiba-tiba semester ini langsung gak enak, seperti itu biasa terjadi. Ada beberapa tips ny buat yang KRSan terutama mahasiswa FEB UGM:
1.Cari tau ke angkatan atas dosen siapa aja yang enak. Ini tergantung kamu, ada dosen yang ngasih materinya jelas tapi nilainya susah, ada juga yang sebaliknya, tapi yang paling enak sih, materi enak nilai lancar,, ya to...!!!
2.Cari beberapa alternatif dosen jangan cuman satu coz kalau yang satu dah penuh kan bisa ambil yang lain.
3.Cari juga alternatif mata kuliah selain mata kulaih utama yang mau diambil coz kalau dosen yang enaknya udah abis mending ambil matakuliah laen, tapi selama matakuliah yang gak kamu ambil itu gak mempengaruhi lama study kamu alias matakuliah yang berkelanjutan. Misalnya ny anak jurusan akuntasi jangan sekali-kali gak ambil kuliah akuntansi pengantar 2 contohnya karena tu makul kan prasyarat makul selanjutnya.
4.Dateng pagi langsung ke labkom, nyari komputer yang beres, kalau gak ada langsung connect pake laptop karena kalau pagi biasanya masih langsung bisa connect ke server.
5.Kalau pake laptop cari tempat yang pewe tapi juga sinyalnya yang kuat, biasanya di deket labkom, cari juga yang ada steker listriknya.
6.KRS dari luar kampus selalu lebih lama pa lagi dari warnet or luar kota, so buat yang mudik mending balik aja dech ke jogja, sehari bwat satu semester cing,,,,
7.Kalau hari pertama gagal jangan kecewa, pantau terus, biasanya ada yang keluar atau ada tambahan kapasitas dari akademik.
Ntu tips berdasarkan pengalaman KRS taun lalu,,,

Kalau sampai hari terakhir KRS masih gak dapet makul yang diinginkan gak usah kecewa lah. Jalani aja yang ada, pecahkan mitos kalau dosen ini gak enaklah, dosen itu nyebelin, dll. Jadikan tu semangat kamu, banyak juga kok mahasiswa yang bisa melewati itu. Mungkin tu memang jalannya bwat kamu, dosen FEB tu bukan sembarang dosen, jam terbangnya dah tinggi, mereka gak hanya kasih teori aja tapi juga contoh realitas yang terjadi sebenarnya. Banyak kan dosen-dosen FEB yang gak cuman ngajar tapi juga ada jabatan penting di perusahaan nasional, Boediono misalnya orang nomor satu di BI juga masih ngajar makul Perekonomian Indonesia, juga pak Tony yang termasuk jajaran penting Bank BNI, ada juga Anggito Abimanyu yang ngurusi kebijakan fiskal Depkeu meskipun kelihatannya dah gak aktif ngajar dan masih banyak lagi. Serap ilmu sebanyak-banyaknya dari beliau2 ini, karena menurutku yang penting bukan teorinya tapi aplikasinya, so pengalaman tu lebih penting ketimbang cuman ngomong kayak yang tertulis di buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar