Kamis, 26 Februari 2009

Pelajaran Berharga Malam Ini

Cing, gw dapet pelajaran berharga malem ini. Jadi begini ceritanya....

Jam 7an gw dapet jarkom yang isinya kalau besok gak ada kuliah tapi ada tugas harus dikumpulin hari senin. Nah materi tugas ini dititipin di rumah temen gw. Gw mikir daripada bengong gak belajar kan mendingan ngerjain tugas. Langsunglah gw meluncur ke rumah temen gw itu buat ambil soal.

Sesampainya disana, ternyata ada empat orang temen gw juga yang ambil tugas. Temen-temen gw ini pada duduk di dalem rumah. Singkat cerita, gw langsung mau cabut pas dah dapet soal. Temen-temen gw jg pada ikutan pulang coz mungkin mereka disana dah agak lama. Kita udah didepan pintu ketika tuan rumah yang juga salah satu dosen kampus bilang mau ngomong sebentar.

Perasaan gw dah gak enak coz dulu anak-anak sempet bikin kotor tu rumah. Oh ya, kelihatannya temen gw yang tinggal disitu gak cuma ngekost mungkin punya hubungan keluarga kale dan biasanya dijadikan tempat ngumpul temen-temen kalau ada tugas. Balik ke topik, akhirnya bener tebakan gw, si bapak dosen menegur kita yang kurang sopan. Ceritanya sebelum temen-temen dateng, dosen sedang mengerjakan sesuatu di ruang tamu. Nah, pas temen gw pada dateng gak ada satu pun orang yang menegur si dosen, meskipun si dosen tetep aja di ruang tamu, bahkan mereka langsung duduk dan makan makanan yang disajikan oleh temen gw si empunya rumah. Gw sih tadi sempet senyum "kayak kuda nginjek tai" (pembelaan,,,tapi bener lho)pas si dosen nengok ke gw coz gw gak masuk ke dalem. Emang sih gw gak nyapa secara verbal.

Dosen bilang,"seandainya kalian yang jadi tuan rumah apakah nyaman rasanya apa bila diperlakukan seperti tadi?". Intinya bahwa apabila kalian ingin dihormati, pandanglah orang lain melalui kaca mata kalian, kalau kata dosen manajemen gw di UGM pakai prinsip i view point jangan you view point. Maksudnya apabila kalian tidak ingin diperlakukan tidak baik maka jangan memperlakukan orang lain dengan tidak baik. Ini juga yang sering dibilang bokap gw, rata-rata lulusan sini emang rada kurang sopan santunnya pas dah di lingkungan kerja alias rada belagu.

Sopan santun emang sangat penting, katanya lulusan sarjana sekarang itu pintar-pintar tapi rasa egoisnya tinggi, mereka seringkali menganggap bahwa dirinya paling hebat dan dibutuhkan. Tapi menurut senior-senior justru adanya perasaan itu yang berlebihan justru menggagalkan mereka dalam wawancara kerja misalnya. Bahkan kalau dah kerja dan gak bisa ngambil hati atasan, bisa-bisa karier gak jalan. Ngambil hati gak berarti perlakukan seperti raja tetapi lebih kepada bisa memanusiakan manusia. Manusia yang punya hati dan perasaan. So, malem ini gw mendapat pelajaran tambahan dari dosen ,sekalipun bokap gw juga udah ratusan ngomong kayak gitu, tapi kalau orang lain yang ngasih tau "lebih berasa, berasa lebih...(lhoo....)" Terima kasih Bang,,!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar